Kaesang Pangarep


Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep adalah seorang pengusaha muda yang sukses dalam berbagai bisnis yang ditekuninya. Ia lahir di Solo, 25 Desember 1994. Ia adalah putra bungsu dari pasangan  Presiden RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo. Ia mempunyai dua orang kakak yang sering ia jadikan sebagai tempat untuk belajar dalam menjalankan bisnisnya. Kakak pertamanya bernama Gibran Rakabuming Raka, dan yang kedua bernama Kahiyang Ayu.

Ia memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat. Kemudian ia  berkuliah di Singapore Institute of Management University.


Walaupun Kaesang merupakan anak presiden tetapi ia tetap rendah hati dan tak pernah membanggakan jabatan ayahnya tersebut. Selama menuntut ilmu di Singapura ia tidak pernah mengaku sebagai anak presiden di Indonesia. Tak ada satu orang pun yang tahu statusnya yang asli, bahkan ia tak pernah bercerita kepada gurunya. Ia hanya mengaku sebagai anak pengusaha. Tetapi setelah Presiden Joko Widodo naik ke podium untuk menerima sertifikat kelulusan saat acara wisuda Kaesang di Anglo-Chinese School Internasional semua orang baru mengetahui bahawa Kaesang adalah anak presiden Indonesia.

Kaesang dikenal cukup aktif dimedia sosial, mulai dari blog, twitter, instagram,  youtube, dan masih banyak lagi. Ia mempunyai blog pribadi dengan alamat www.misterkacang.blogspot.com yang ia beri nama “ Diary Anak Kampung”. Ia pernah memposting tulisan diblognnya pada tanggal 20 Oktober 2014 tentang kisah kehidupan perdananya sebagai putra Presiden RI.

"Hari ini mungkin sesuatu yang spesial untuk bangsa Indonesia, khususnya untuk makhluk-makhluk jomblo yang berkeliaran di negeri ini. Hari dimana pergantian presiden yang lama ke presiden yang baru. Ini menentukan apakah Indonesia bisa menjadi negara yang ramah jomblo atau tidak. Kenapa harus ramah jomblo? Karena gue sendiri jomblo dan masih banyak jomblo-jomblo yang bertebaran di negara Indonesia. Apalagi kalau ada turis yang jomblo datang ke Indonesia, jadi bisa lebih betah disini kalo kita menjadi negara ramah jomblo. Jadi bukan cuma ngebuat orang lokal nyaman, tapi bisa buat turis juga nyaman,"  tulis Kaesang di blognya.

Kaesang dikenal sebagai seorang youtubers yang humoris. Ia mulai aktif mengunggah video blog pada 7 Maret 2016. Saat itu, video yang ia unggah belum sebanyak sekarang dan baru berjumlah  9 video. Kini, sudah ada kurang lebih 31 video di channel Youtubenya. Kebanyakan vidio yang ia unggah ke Youtube adalah tentang kedekatannya dengan ayahnya ataupun kesehariannya yang ia sampaikan dengan cara jenaka. Salah satu vidio kedekatan Kaesang dengan  ayahnya adalah vidio tentang Kaesang yang mengajak ayahnya untuk beradu panco hingga mencukur rambut.
Tak hanya aktif di YouTube, Kaesang juga dikenal aktif menggunakan media sosial Twitter. Ia sering kali menulis hal-hal yang dinilai jauh dari kesan "jaga image", bahkan terkesan nyeleneh dan penuh humor. Kaesang pernah mengeluarkan cuitan yang mengomentari hobi sang ayah yang gemar memelihara kodok dan kecebong. Dan yang tak kalah nyeleneh, dirinya pernah mengeluarkan tweet dengan hastag #PapaSenangKodokMontok untuk membalas isu miring yang menerpa Presiden Jokowi yang dituduh gemar berfoto dengan wanita seksi.Ia juga dikenal punya cara yang unik dalam menanggapi haters. Alih-alih marah menghadapi cuitan netizen yang kerap tidak sedikit mencela keluarganya, Kaesang malah menanggapi cuitan tersebut dengan lelucon.

Sejak duduk dibangku SMA, Kaesang sudah mulai belajar berbisnis, yaitu bisnis clothing. Tetapi bisnis tersebut bangkrut karena sebenarnya Kaesang belum terlalu paham tentang bisnis clothing. Kerugian yang diderita memang tidak sampai ratusan juta, tetapi untuk ukuran anak SMA nilai itu sudah cukup besar.
Kini Kaesang mempunyai beberapa bisnis mulai dari bisnis clothing, kuliner, permaian anak hingga aplikasi. Untuk membuka beberapa usahanya itu, Kaesang mengumpulkan  modal dari Youtube. Total hampir 20 juta orang telah menyaksikan vidio yang diunggah Kaesang ke Youtube. Dari penayangan vidio tersebut, Kaesang memperoleh penghasilan dari beberapa iklan.

Yang pertama adalah bisnis clothing dengan brand “ Sang Javas” yang ia rintis sejak Agustus 2017. Ia mengusung kecebong sebagai karakter utama dalam desainnya. Ia menggunakan media sosial dan website untuk memasarkan produknya. Selain itu, ia juga membuka store perdana bernama TRUZ X SANG JAVA di Jalan MH. Tamrin No. 9A, Manahan, Solo, Jawa Tengah. TRUZ sendiri merupakan brand kedua produk clothing milik Kaesang . TRUZ hadir menggunakan  konsep dan desain yang lebih kekinian, serta mengikuti perkembangan saat ini. Saat ini peminat kaosnya ini sudah sampai Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia bahkan Arab.

Dari pembukaan outlet barunya Sang Javas X Truz, Kaesang menunjukkan salah satu produk kaos kecebongnya yang unik. Kaos itu bergambar cerita komik mobil sang kecebong menabrak tiang listrik karena bermain telepon seluler saat mengemudi.

"Kaos kecebong ini memiliki cerita. Ceritanya kecebong ini lagi nyetir suka selfie. Padahal polisi sudah bilangin kalau di jalan jangan suka main handphone. Terus kecebongnya akhirnya nabrak tiang," cerita Kaesang.
Kaesang juga mempunyai bisnis kuliner yang ia beri nama “Sang Pisang”. Sang pisang dibuka pertama kali pada tanggal 19 November 2017 yang bertempat di area food court, Lantai 5, ITC Cempaka Mas. Jakarta Pusat. Produk dari sang pisang ini adalah nuget pisang. Nuget pisang sendiri adalah sebuah olahan dari pisang yang dilumatkan kemudian dibentuk kotak lalu dilapisi dengan tepung roti sebelum digoreng. Ketika selesai digoreng, sekilas penampilan pisang goreng ini lebih mirip dengan nugget ayam yang beredar di pasaran. Oleh karena itulah jajanan ini pada akhirnya dinamakan nugget pisang.

Untuk cara penyajiannya, nugget pisang dioles toping beraneka ragam selagi masih panas. Selain untuk mempercantik tampilan, pengolesan topping di saat panas ini bertujuan agar toping tersebut lumer di atas pisang. Setelah siap, pisang nugget siap dinikmati selagi hangat. Nuget pisang milik Kaesang ini mempunyai sekitar sembilan varian rasa. Ini merupakan  salah satu alasan yang membuat bisnis Sang Pisang Kaesang laku keras. Antusias masyarakat terhadap bisnis kuliner Kaesang cukup besar. Baru 45 menit dibuka saja nuget pisangnya langsung habis terjual. Untuk harga, satu porsi pisang nugget Sang Pisang berkisar dari Rp 20.000 sampai Rp 25.000.

Selain itu Kaesang juga memiliki bisnis bersama kakaknya, Gibran. Bisnisnya ini dibidang permainan anak-anak yaitu ‘’Hompimpa Games’’. Hompimpa Games adalah card game yang fokus pada konten Nusantara dan nilai luhur Indonesia. Hebatnya, brand @hompimpagames ini sudah pernah mengikuti Internationale Spieltage (SPIEL) 2017 di kota Essen, Jerman.

Pada tanggal 11 Desember 2017 Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan soft launching aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini dibuat oleh Kaesang dan sembilan pemuda semarang yang bertujuan untuk memajukan UMKM. Madhang.id dirancang menjadi marketplace makanan rumahan. Situs ini nantinya akan menampung para ibu-ibu rumah tangga untuk menjual aneka masakan rumahan. Para pedagang kaki lima juga bisa ikut bergabung dalam situs ini dan berjualan di dalamnya. Kaesang juga turut menggandeng Grab dan PayTren untuk dapat mengembangkan bisnisnya ini.

Kaesang memang anak presiden yang banyak mempunyai kekayaan, tetapi ia tidak mau hanya berdiam diri menikmati kekayaan orang tuanya begitu saja. Ia tetap ingin menghasilakan uang dari jerih payahnya sendiri tanpa harus bergantung kepada orang tuanya.


Nama : Laila Ariska Putri
No       : 07

Komentar