Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep adalah seorang pengusaha muda yang sukses dalam
berbagai bisnis yang ditekuninya. Ia lahir di Solo, 25 Desember 1994. Ia adalah
putra bungsu dari pasangan Presiden RI Joko Widodo dan Iriana
Joko Widodo. Ia mempunyai dua orang kakak yang sering ia jadikan sebagai tempat
untuk belajar dalam menjalankan bisnisnya. Kakak pertamanya bernama Gibran
Rakabuming Raka, dan yang kedua bernama Kahiyang Ayu.
Ia
memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo.
Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International
dengan program studi International Baccalaureat. Kemudian
ia berkuliah di Singapore Institute of Management University.
Walaupun Kaesang merupakan anak presiden tetapi ia tetap rendah
hati dan tak pernah membanggakan jabatan ayahnya tersebut. Selama menuntut ilmu
di Singapura ia tidak pernah mengaku sebagai anak presiden di Indonesia. Tak
ada satu orang pun yang tahu statusnya yang asli, bahkan ia tak pernah
bercerita kepada gurunya. Ia hanya mengaku sebagai anak pengusaha. Tetapi
setelah Presiden Joko Widodo naik ke podium untuk menerima sertifikat kelulusan
saat acara wisuda Kaesang di Anglo-Chinese School Internasional semua orang
baru mengetahui bahawa Kaesang adalah anak presiden Indonesia.
Kaesang dikenal cukup aktif dimedia sosial, mulai dari blog,
twitter, instagram, youtube, dan masih banyak lagi. Ia mempunyai
blog pribadi dengan alamat www.misterkacang.blogspot.com yang ia beri
nama “ Diary Anak Kampung”. Ia pernah memposting tulisan diblognnya pada
tanggal 20 Oktober 2014 tentang kisah kehidupan perdananya sebagai putra
Presiden RI.
"Hari ini mungkin sesuatu yang spesial
untuk bangsa Indonesia, khususnya untuk makhluk-makhluk jomblo yang berkeliaran
di negeri ini. Hari dimana pergantian presiden yang lama ke presiden yang baru.
Ini menentukan apakah Indonesia bisa menjadi negara yang ramah jomblo atau
tidak. Kenapa harus ramah jomblo? Karena gue sendiri jomblo dan masih banyak
jomblo-jomblo yang bertebaran di negara Indonesia. Apalagi kalau ada turis yang
jomblo datang ke Indonesia, jadi bisa lebih betah disini kalo kita menjadi negara
ramah jomblo. Jadi bukan cuma ngebuat orang lokal nyaman, tapi bisa buat turis
juga nyaman," tulis
Kaesang di blognya.
Kaesang dikenal sebagai seorang youtubers yang humoris. Ia mulai
aktif mengunggah video blog pada 7 Maret 2016. Saat itu, video yang ia unggah
belum sebanyak sekarang dan baru berjumlah 9 video. Kini, sudah ada
kurang lebih 31 video di channel Youtubenya. Kebanyakan vidio yang ia unggah ke
Youtube adalah tentang kedekatannya dengan ayahnya ataupun kesehariannya yang
ia sampaikan dengan cara jenaka. Salah satu vidio kedekatan Kaesang
dengan ayahnya adalah vidio tentang Kaesang yang mengajak ayahnya
untuk beradu panco hingga mencukur rambut.
Tak hanya aktif di YouTube, Kaesang juga dikenal aktif menggunakan
media sosial Twitter. Ia sering kali menulis hal-hal yang dinilai jauh dari
kesan "jaga image", bahkan terkesan nyeleneh dan penuh humor. Kaesang
pernah mengeluarkan cuitan yang mengomentari hobi sang ayah yang gemar
memelihara kodok dan kecebong. Dan yang tak kalah nyeleneh, dirinya pernah
mengeluarkan tweet dengan hastag #PapaSenangKodokMontok untuk membalas isu
miring yang menerpa Presiden Jokowi yang dituduh gemar berfoto dengan wanita
seksi.Ia juga dikenal punya cara yang unik dalam menanggapi haters.
Alih-alih marah menghadapi cuitan netizen yang kerap tidak sedikit mencela
keluarganya, Kaesang malah menanggapi cuitan tersebut dengan lelucon.
Sejak duduk dibangku SMA, Kaesang sudah mulai belajar berbisnis,
yaitu bisnis clothing. Tetapi bisnis tersebut bangkrut karena sebenarnya Kaesang
belum terlalu paham tentang bisnis clothing. Kerugian yang diderita memang
tidak sampai ratusan juta, tetapi untuk ukuran anak SMA nilai itu sudah cukup
besar.
Kini
Kaesang mempunyai beberapa bisnis mulai dari bisnis clothing, kuliner, permaian
anak hingga aplikasi. Untuk membuka beberapa usahanya itu, Kaesang
mengumpulkan modal dari Youtube. Total hampir 20 juta orang telah
menyaksikan vidio yang diunggah Kaesang ke Youtube. Dari penayangan vidio
tersebut, Kaesang memperoleh penghasilan dari beberapa iklan.
Yang pertama adalah bisnis clothing dengan brand “ Sang Javas”
yang ia rintis sejak Agustus 2017. Ia mengusung kecebong sebagai karakter utama
dalam desainnya. Ia menggunakan media sosial dan website untuk memasarkan
produknya. Selain itu, ia juga membuka store perdana bernama TRUZ X SANG
JAVA di Jalan MH. Tamrin No. 9A, Manahan, Solo, Jawa
Tengah. TRUZ sendiri merupakan brand kedua produk clothing milik
Kaesang . TRUZ hadir menggunakan konsep dan desain yang lebih
kekinian, serta mengikuti perkembangan saat ini. Saat ini peminat kaosnya ini
sudah sampai Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia bahkan Arab.
Dari pembukaan outlet barunya Sang Javas X Truz, Kaesang
menunjukkan salah satu produk kaos kecebongnya yang unik. Kaos itu bergambar
cerita komik mobil sang kecebong menabrak tiang listrik karena bermain telepon
seluler saat mengemudi.
"Kaos kecebong ini memiliki cerita. Ceritanya kecebong ini
lagi nyetir suka selfie. Padahal polisi sudah bilangin kalau di jalan jangan
suka main handphone. Terus kecebongnya akhirnya nabrak tiang," cerita
Kaesang.
Kaesang
juga mempunyai bisnis kuliner yang ia beri nama “Sang Pisang”. Sang pisang
dibuka pertama kali pada tanggal 19 November 2017 yang bertempat di area food
court, Lantai 5, ITC Cempaka Mas. Jakarta Pusat. Produk dari sang pisang ini
adalah nuget pisang. Nuget pisang sendiri adalah sebuah olahan dari pisang yang
dilumatkan kemudian dibentuk kotak lalu dilapisi dengan tepung roti sebelum
digoreng. Ketika selesai digoreng, sekilas penampilan pisang goreng ini lebih
mirip dengan nugget ayam yang beredar di pasaran. Oleh karena itulah jajanan
ini pada akhirnya dinamakan nugget pisang.
Untuk cara penyajiannya, nugget pisang dioles toping beraneka
ragam selagi masih panas. Selain untuk mempercantik tampilan, pengolesan
topping di saat panas ini bertujuan agar toping tersebut lumer di atas pisang.
Setelah siap, pisang nugget siap dinikmati selagi hangat. Nuget pisang milik
Kaesang ini mempunyai sekitar sembilan varian rasa. Ini
merupakan salah satu alasan yang membuat bisnis Sang Pisang Kaesang
laku keras. Antusias masyarakat terhadap bisnis kuliner Kaesang cukup besar.
Baru 45 menit dibuka saja nuget pisangnya langsung habis terjual. Untuk harga,
satu porsi pisang nugget Sang Pisang berkisar dari Rp 20.000 sampai Rp 25.000.
Selain itu Kaesang juga memiliki bisnis bersama kakaknya, Gibran.
Bisnisnya ini dibidang permainan anak-anak yaitu ‘’Hompimpa Games’’. Hompimpa
Games adalah card game yang fokus pada konten Nusantara dan nilai luhur
Indonesia. Hebatnya, brand @hompimpagames ini sudah pernah mengikuti
Internationale Spieltage (SPIEL) 2017 di kota Essen, Jerman.
Pada tanggal 11 Desember 2017 Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
melakukan soft launching aplikasi berbasis Android. Aplikasi
ini dibuat oleh Kaesang dan sembilan pemuda semarang yang bertujuan untuk
memajukan UMKM. Madhang.id dirancang menjadi marketplace makanan
rumahan. Situs ini nantinya akan menampung para ibu-ibu rumah tangga untuk
menjual aneka masakan rumahan. Para pedagang kaki lima juga bisa ikut bergabung
dalam situs ini dan berjualan di dalamnya. Kaesang juga turut menggandeng Grab
dan PayTren untuk dapat mengembangkan bisnisnya ini.
Kaesang memang anak presiden yang banyak mempunyai kekayaan,
tetapi ia tidak mau hanya berdiam diri menikmati kekayaan orang tuanya begitu
saja. Ia tetap ingin menghasilakan uang dari jerih payahnya sendiri tanpa harus
bergantung kepada orang tuanya.
Nama
: Laila Ariska Putri
No : 07
Komentar
Posting Komentar